4 Tips Untuk Mengajar Pelajaran Musik Online

4 Tips Untuk Mengajar Pelajaran Musik Online

Dengan sekolah-sekolah ditutup untuk masa yang akan datang, pelajaran musik juga telah pindah online. Berita baiknya adalah pengajaran online adalah alternatif yang solid untuk pengajaran langsung, asalkan Anda mempersiapkan diri sebelumnya dan melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan. Jadi, dalam posting ini, saya ingin menguraikan empat tips untuk mengajar pelajaran musik online:

1. Rencanakan alur pelajaran sebelumnya

Pelajaran online bisa sedikit berbeda dari pelajaran pribadi. Ini akan menjadi ide yang sangat bagus untuk mempersiapkan aliran kelas sebelumnya. Misalnya, untuk kelas 30 menit, Anda bisa mulai dengan 5-10 menit ulasan. Kemudian, beralihlah ke pengajaran materi baru selama 10 menit berikutnya. 5-10 menit terakhir dapat digunakan untuk melatih materi baru dan menjawab pertanyaan apa pun. Rencana Anda tidak harus super detail, tetapi itu akan memberi Anda pemahaman yang jelas tentang bagaimana kelas akan disusun. Juga harus ada ruang gerak jika ada masalah keterlambatan atau menit-menit terakhir.

2. Pilih ruang yang tenang

Mengajar di rumah bisa rumit terutama jika Anda memiliki teman sekamar, keluarga, atau jika Anda tinggal di rumah yang ramai. Kebisingan luar seperti binatu, penyedot debu, dan percakapan yang keras dapat merusak konsentrasi dan aliran kelas Anda. Untuk alasan ini, pastikan Anda mengajar di tempat yang sunyi. Jika menemukan ruang yang tenang tidak memungkinkan, maka Anda juga dapat berbicara dengan teman sekamar atau keluarga Anda untuk mengatur agar Anda mendapatkan waktu tenang. Jadwal yang bertentangan mungkin terjadi, jadi komunikasi adalah kunci untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

3. Bersiaplah untuk siswa yang terganggu dan siapkan beberapa kegiatan

Beberapa siswa mudah terganggu selama pelajaran ketika mereka berada di rumah, karena mereka tidak berada di lingkungan ‘sekolah’. Jadi, Anda mungkin harus menyesuaikan dan mencampur bahan pembelajaran. Untuk siswa yang lebih muda, Anda dapat mencoba permainan.

Untuk siswa yang lebih tua, Anda dapat mengambil istirahat dari pelajaran dan berbicara tentang sesuatu di luar materi pembelajaran langsung, seperti musik favorit mereka saat ini, apa yang mereka rasakan saat berada di rumah, atau seperti apa rutinitas latihan mereka.

4. Selesai dengan item yang dapat ditindaklanjuti

Adalah penting untuk menjaga siswa Anda termotivasi di antara pelajaran, dan memberi mereka sesuatu untuk dinanti-nantikan. Alangkah baiknya jika Anda menyelesaikan pelajaran dengan item yang jelas dan dapat ditindaklanjuti sampai pelajaran berikutnya. Ini bisa apa saja mulai dari “latihan lagu X hingga pelajaran berikutnya,” atau “mainkan skala C mayor dalam dua oktaf pada 80 bpm.”

Selain itu, Anda juga dapat merekam video cepat lima menit yang menguraikan apa yang telah Anda lakukan dalam pelajaran. Ini terjadi ketika mereka berlatih, mereka akan memiliki video sebagai titik referensi. Ini akan memberi siswa perasaan yang jelas tentang apa yang harus mereka lakukan dan bagaimana mereka harus berlatih.

Dari sekolah dasar hingga universitas, secara efektif hampir semua lembaga pendidikan di dunia telah pindah ke pengajaran online. Untuk musik, mungkin sulit untuk mengajarkan pelajaran online pada awalnya. Namun, mengajar musik online sangat mungkin dan pengalaman yang berharga bagi guru dan siswa.

Dalam hal pro, dengan pengajaran online, tidak ada perjalanan dan biaya Anda jauh lebih sedikit. Selain itu, Anda dapat berbagi materi digital seperti berbagi layar, sampel lagu, dan trek pendukung jauh lebih mudah. Dalam hal kontra, mungkin akan lebih sulit bagi siswa untuk fokus pada materi dan ada sedikit ruang gerak untuk improvisasi konten pelajaran.

Jadi, dengan mengikuti empat pedoman ini, Anda harus berhasil dengan pelajaran online Anda. Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *