Mempelajari Cara Membaca Note Pada Biola

Mempelajari Cara Membaca Note Pada Biola

Mampu membaca musik dari halaman membuka seluruh dunia potensi musik. Saat Anda mengembangkan keterampilan membaca penglihatan, memainkan musik baru bisa semudah membaca kata-kata ini.

Bermain dengan telinga adalah keterampilan yang luar biasa dan berharga yang dapat berguna dalam banyak situasi, terutama dalam hal improvisasi. Namun, belajar bagaimana membaca biola lembaran musik adalah diperlukan jika Anda bercita-cita untuk tampil dengan orkestra, kuartet, atau band.

Setelah Anda belajar membaca not biola , Anda dapat memainkan musik apa pun yang Anda inginkan. Mempelajari karya baru secara eksponensial lebih mudah saat Anda dapat menerjemahkan lembaran musik. Berita baiknya adalah Anda dapat belajar membaca musik sambil membangun teknik biola dasar lainnya seperti skala, posisi jari, dan membungkuk .

Di bawah ini, kami akan memandu Anda cara membaca musik lembar biola dan kemudian menguji pengetahuan Anda dengan kuis cepat.

Cara Membaca Lembaran Musik Biola : Langkah demi Langkah

  • Staf

Perjalanan mempelajari cara membaca lembaran musik dimulai dengan staf. Staf adalah himpunan lima garis horizontal di mana catatan ditempatkan dalam musik lembar biola standar.

Ada tujuh nada yang menjadi dasar semua musik: A, B, C, D, E, F, dan G. Setelah Anda mencapai G, Anda akan memulai kembali dengan A dan siklus akan berulang lagi, semakin tinggi di nada sebagai Anda naik staf.

Ada juga beberapa nada yang berhubungan dengan huruf yang sama dalam musik. Misalnya, ada beberapa A yang berbeda pada biola. Mereka hanya dalam berbagai bentuk nada tinggi atau rendah.

  • Catatan tentang Garis

Cara termudah untuk mempelajari not musik biola adalah dengan membagi staf menjadi beberapa baris dan spasi.

Ini adalah catatan yang jatuh pada garis staf, artinya catatan langsung di atas garis, dengan garis yang memotongnya.

Mulai dari baris terbawah, mulai menghafal setiap not yang naik ke baris teratas. Salah satu perangkat mnemonik populer yang mungkin pernah Anda dengar adalah “Every Good Boy Do Fine.” Lain adalah “Elvis ‘Guitar Broke Down Friday.”

Perangkat ini bisa sangat berguna untuk membantu Anda menghafal catatan! Anda juga bisa mulai dengan buku biola pemula, seperti Essential Elements for Strings Volume I , yang akan memberi Anda beberapa latihan hebat untuk membantu Anda mengingat dan mempelajari catatan ini.

  • Catatan tentang Ruang

Selanjutnya, ada not musik biola yang jatuh di antara garis – pada spasi:

Perangkat mnemonik hebat lainnya berlaku di sini. Jika Anda melihat catatan mulai dari catatan bawah hingga catatan atas, Anda akan melihat bahwa huruf-huruf tersebut mengeja FACE. Dan itu tentu saja berirama dengan ruang. Ini cukup menarik dan mudah diingat: “Wajah ada di ruang!”

Setiap kali Anda berlatih atau bekerja dari buku latihan, pastikan untuk selalu mengingat perangkat mnemonik ini. Jika Anda lupa nama not, pertama-tama tentukan apakah not jatuh pada spasi atau garis.

Kemudian ambil jari atau pensil Anda dan arahkan ke setiap not dari bawah ke atas, sambil mengatakan dengan lantang perangkat mnemonik yang sesuai untuk menyegarkan ingatan Anda. Lihat, belajar membaca nota biola tidak terlalu sulit!

  • Garis Besar

Lima baris dan empat spasi tidak cukup untuk menampung seluruh spektrum catatan biola. Untuk menempatkan not musik biola ini, kami menggunakan garis kecil atau garis kecil yang disebut “garis buku besar.” Catatan dapat jatuh di garis atau di ruang di antara mereka seperti lima baris staf.

Dalam bagan skala G di atas, Anda akan melihat bahwa ada catatan lain yang jatuh di bawah tongkat (di nada rendah) dan di atas tongkat (di nada tinggi).

Untuk membaca catatan ini, Anda dapat menggunakan catatan di staf yang sudah Anda kenal sebagai titik referensi untuk mencari tahu.

  • Simbol Penting pada Staf

Bagian yang sangat penting dari mempelajari cara membaca catatan biola adalah menghafal berbagai simbol yang mungkin Anda temui pada staf. Jika Anda melihat musik lembaran biola atau buku latihan, Anda akan melihat beberapa simbol baru di awal setiap baris staf.

  • The Treble Clef

Anda dapat mengenali simbol swirly mewah di awal staf sebagai kunci. Simbol clef adalah titik referensi yang memberi nama catatan khusus pada staf dari mana nama semua catatan lain didasarkan.

Instrumen bernada rendah menggunakan clef lain dengan titik referensi yang berbeda, seperti bass atau alto clef. Tetapi dalam biola (juga instrumen bernada tinggi seperti seruling dan terompet) kami menggunakan kunci treble.

Hal utama yang harus diambil seorang pemula dari ini adalah bahwa jika Anda melihat lembaran musik dengan kunci treble di atasnya, itu menandakan bahwa musik itu cocok untuk dimainkan pada biola.

  • Tanda Tangan Kunci

Selanjutnya, Anda akan melihat tanda tangan kunci, yang sangat penting untuk diperhatikan karena akan memberi tahu Anda apakah Anda memiliki nada datar atau tajam dalam lagu tersebut.

  1. Nada datar (yaitu nada datar B) adalah nada setengah langkah lebih rendah dari nada dasar (B) dan ditandai oleh simbol ini: ♭
  2. Nada tajam (yaitu nada C tajam) adalah nada setengah langkah lebih tinggi daripada nada dasar (C) dan ditandai oleh simbol ini: #

Jika Anda melihat simbol datar di tanda tangan kunci, lihat garis atau spasi yang mencolok di tengah simbol dan tentukan nada mana yang sesuai dengan garis atau spasi tersebut.

Sekarang sepanjang durasi karya (apakah itu versi yang lebih tinggi atau lebih rendah dari catatan itu) Anda akan memainkan versi datar dari catatan itu.

Hal yang sama berlaku ketika Anda melihat simbol tajam di tanda tangan kunci. Perhatikan simbol tajam dan perhatikan bahwa ada kotak miring tepat di tengah simbol.

Catatan mana pun yang sesuai dengan garis atau ruang yang berbentuk bujur sangkar di sekitar akan menjadi nada yang akan menjadi tajam di seluruh bagian.

Terkadang akan ada beberapa benda tajam atau kombinasi benda tajam dan flat. Jika Anda tidak melihat benda tajam atau flat di tanda tangan kunci Anda, Anda bisa mengasumsikan bahwa semua catatan dalam karya tersebut akan menjadi catatan normal atau “alami” Anda.

Catatan apa pun yang tidak disebutkan dalam tanda tangan utama diasumsikan juga sebagai catatan alami.

  • Tanda Tangan Waktu

Baris berikutnya adalah tanda tangan waktu. Tanda tangan waktu memungkinkan Anda mengetahui cara menghitung sepotong atau berapa banyak ketukan dalam setiap ukuran.

Staf dibagi oleh garis vertikal menjadi segmen yang disebut “tindakan,” yang akan berisi sejumlah ketukan tergantung pada apa yang dikatakan tanda tangan waktu Anda.

Angka teratas dalam tanda tangan waktu memberi tahu Anda berapa banyak ketukan dalam setiap ukuran. Setelah jumlah detak yang diberikan telah dihitung, saatnya untuk beralih ke langkah berikutnya dan mulai menghitung lagi.

Angka di bawah menggambarkan panjang irama. Jika Anda memiliki 4 di bagian bawah (paling umum) yang akan menandakan bahwa Anda mendasarkan beat Anda dari panjang not seperempat.

Ini adalah angka-angka yang akan Anda lihat di bagian bawah tanda tangan waktu dan panjang nada mana yang terkait dengan:

  • -. 2 = setengah nada
  • -. 4 = not seperempat
  • -. 8 = nada kedelapan
  • -. 16 = not keenam belas

Tanda tangan 4/4 waktu sangat umum sehingga disebut sebagai “waktu bersama” dan seringkali, Anda akan melihat tanda C pada musik di mana tanda tangan waktu biasanya berarti memainkan lagu dalam 4/4 waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *