Tips dan Teknik Piano: Memainkan Glissando

Tips dan Teknik Piano: Memainkan Glissando

The glissando teknik piano berguna lain untuk memiliki dalam kotak peralatan musik Anda. Baca terus untuk mengetahui bagaimana memasukkannya ke dalam permainan Anda!

Lihatlah lembaran musik apa saja, dan kemungkinan Anda akan melihat istilah musik Italia seperti largo , allegro , atau acapella. Bahkan piano itu sendiri dinamai dengan istilah bahasa Italia untuk “soft-loud,” pianoforte. Di antara istilah-istilah ini adalah yang Anda mungkin tidak terbiasa dengan: glissando .

Apa itu Glissando ?

Glissando berarti meluncur atau meluncur. Secara musikal, ini memberitahu pemain bahwa mereka seharusnya bergerak, atau meluncur, dari satu nada atau nada ke nada lainnya. Kedengarannya cukup sederhana – lagipula, ketika Anda memainkan piano, bukankah Anda sudah berpindah dari satu not ke yang lain? Yah, sebenarnya tidak sesederhana kedengarannya. Ini slide cepat melalui serangkaian nada berurutan dalam pola seperti skala.

Ada berbagai jenis glissando . Satu, disebut continuous glissando atau portamento, digunakan dalam instrumen senar seperti biola, biola, dan gitar. Yang berkaitan dengan piano disebut diskrit glissando , karena setiap nada dapat didengar.

Bahkan jika Anda belum pernah mendengar istilah itu, Anda mungkin pernah mendengar glissando yang digunakan dalam musik. Misalnya, lagu Jerry Lee Lewis “Great Balls of Fire” adalah contoh yang bagus untuk menyeret kunci piano , atau memainkan glissando. Kami akan memeriksa beberapa kegunaan populer lainnya dari teknik ini nanti!

Memainkan Glissando

Bagaimana Anda tahu kapan harus bermain glissando? Dalam skor Anda, ini ditunjukkan oleh garis lurus atau bergelombang diagonal yang menghubungkan not pertama dan terakhir dari glissando. Seringkali kata ” gliss ” dicatat. Perhatikan catatan berhenti dan mulai – ini sering lebih penting daripada glissando itu sendiri!

Bagaimana Anda berlatih glissando? Terlepas dari arah mana Anda akan pergi, Anda perlu menemukan catatan awal Anda.

Jika Anda berpindah dari nada rendah ke nada tinggi, lakukan hal berikut:

  1. Letakkan satu jari di tombol mulai (biasanya jari tengah), dan pegang jari lainnya dengan lurus dan bersamaan.
  2. Biarkan ibu jari Anda rileks sementara keempat jari Anda tetap kaku. Sentuh tombol hanya dengan kuku Anda.
  3. Mainkan setiap not (kunci putih) di glissando, akhiri pada note sebagaimana tertulis dalam skor Anda.

Jika Anda berpindah dari nada yang lebih tinggi ke nada yang lebih rendah, inilah yang Anda lakukan:

  1. Tempatkan ibu jari atau bagian belakang kuku Anda pada tombol mulai.
  2. Seret ibu jari Anda ke bawah tombol, pastikan untuk menekan semua tombol putih.
  3. Akhiri pada catatan seperti yang tertulis dalam skor Anda.

Untuk memainkan glissando pada kunci hitam, inilah yang Anda lakukan:

  1. Kaku jari-jari Anda di tangan Anda sehingga jari-jari Anda melengkung dengan kuku Anda mengarah ke atas.
  2. Menggunakan garis pertama dari telapak tangan ke jari-jari Anda, tekan setiap tombol hitam di glissando.
  3. Akhiri pada catatan seperti yang tertulis dalam skor Anda.

Meskipun Anda dapat mencoba glissando pada kunci hitam menggunakan ibu jari Anda, Anda mungkin mengalami kesulitan karena jarak kunci hitam. Juga, karena tombol yang lebih kecil dan jarak yang tidak teratur, yang satu ini cenderung lebih sulit, tetapi untungnya, tidak seperti biasa. Meluncur melintasi tombol hitam juga memiliki suara yang berbeda, berkat efek skala pentatonik!

Contoh Glissando Populer

Glissando bukan hanya teknik yang kuat digunakan dalam musik klasik – itu juga membuat jalan ke lagu-lagu populer. Lihat apakah Anda dapat memilih glissando yang digunakan dalam hit pop ini!

  • “Aku Ingin Kamu Kembali” – Jackson 5
  • “Dancing Queen” – ABBA
  • “Space Oddity” – David Bowie

Anda juga mungkin ingat glissando yang digunakan tepat di awal episode kartun Looney Tunes klasik!

Berlatih Tepat

Ketika Anda belajar cara bermain glissando atau teknik piano lainnya, penting untuk mendekati teknik dengan cara yang benar. Meskipun video pelajaran dan panduan instruksional YouTube (seperti ini) sangat membantu, tidak ada pengganti untuk instruktur piano pribadi. Ikuti bimbingan guru Anda, dan sementara itu, periksa beberapa saran kami di bawah ini!

Salah satu masalah dengan glissando adalah ketika tidak dilakukan dengan benar, jari-jari Anda bisa sakit . Ini masalah umum, tetapi ada cara untuk meminimalkan atau mencegah rasa sakit. Berikut ini beberapa tips:

  • Jaga jari-jari Anda pada sudut 45 derajat saat bermain. Ini adalah posisi bermain yang optimal untuk jari-jari Anda.
  • Jangan menekan tombol terlalu keras – Anda ingin kuku menyentuh tombol tetapi tidak lebih. Menekan terlalu keras bisa melukai kuku Anda.
  • Mulailah bermain sangat lambat sampai Anda merasa nyaman dengan glissando tertentu dan perlahan-lahan lakukan cara Anda untuk bermain dengan kecepatan yang diperlukan.

Dengan latihan, Anda dapat menyempurnakan glissando Anda untuk menambah emosi dan bakat yang luar biasa pada musik Anda. Guru piano Anda dapat memberi Anda umpan balik tentang gaya glissando Anda , sehingga Anda dapat meminimalkan rasa sakit dan menyempurnakan suaranya. Baik secara langsung atau online , menemukan guru piano yang sempurna tidak pernah semudah ini. Selamat berlatih!

Dari rock ‘n’ roll ke klasik, glissando digunakan dalam nada piano yang tak terhitung jumlahnya. Apakah Anda memiliki contoh favorit glissando dalam aksi? Beri tahu kami di komentar di bawah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *